Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Persiapan Ujian Terbaru

Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Persiapan Ujian Terbaru, berikut kami sampaikan soal bahasa Indonesia kelas 6 terbaru dan terlengkap untuk bahan ajar persiapan ujian maupun persiapan menghadapai ulangan harian. Beberapa soal kelas 6 lainnya dapat anda download dengan menggunakan fasilitas pencarian di website soalsoalujian.com

Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Persiapan Ujian Terbaru
Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Persiapan Ujian Terbaru

Nah berikut adalah contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Persiapan Ujian Terbaru

PETUNJUK
Pilih jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan salah satu huruf a, b, c dan d.
1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama
Berbagai masalah remaja memang tidak ada habis-habisnya. Di dalam kehidupan remaja terdapat berbagai macam persoalan. Jika kita tidak dapat menyelesaikannya dengan tepat, maka akan menimbulkan dampak besar bagi kehidupan lebih lanjut. Dewasa ini masalah kenakalan remaja sedang menjadi sorotan masyarakat.
Pertanyaan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
a. masyalah apa yang menjadi sorotan masyarakat?
b. Siapa yang bertanggungg jawab terhadap remaja?
c. Mengapa remaja selalu mendapat perhatian keluarga?
d. Apa ada persoalan khusus mengenai remaja?
2 Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Perpustakaan sekolah tidak hanya memuat buku-buku hiburan, tetapi juga berbagai buku ilmu pengetahuan yang berguna dan menunjang kegiatan berbagai bidang studi. Di samping itu terdapat pula majalah, surat kabar, pamflet, kliping, brosur, dan lain-lain.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
a. perpustakaan sekolah
b. buku hiburan dan ilmu pengetahuan
c. muatan perpustakaan sekolah
d. fungsi perpustakaan sekolah
3. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Ruang kelas III a luas dan nyaman. Ruang itu berukuran 9 x 9 m. Letak ruang di paling kanan dari bangunan itu, dekat pohon-pohon rindang, sehingga sirkulai udaranya lancar. Gambar-gambar serta hiasan dinding terpajang dengan rapi. Hiasan dinding itu kelihatannya sangat mahal harganya.
Kalimat yang tidak menjelaskan kalimat topik adalah…..
a. kalimat pertama
b. kalimat kedua
c. kalimat ketiga
d. kalimat keempat
4. Perhatikan tabel berikut yang memuat daftar perolehan nem tertinggi, terendah, dan rata-rata nem!

no uraian Tahun pelajaran
1996/1997 1997/1998 1998/1999 1999/2000 2000/2001
1 Nem tertinggi 51,12 50,22 51,93 47,07 53,34
2 Nem terendah 24,91 25,27 32,88 27,39 27,29
2 Rata-rata nem 39,64 38,92 40,00 38,67 40,14
4 Jumlah siswa 196 208 204 195 192
Selisih nilai tertinggi dengan nilai terendah yang paling ekstrim terjadi pada tahun….
a. 1996/1997
b. 1997/1998
c. 1998/1999
d. 2000/2001

5. Perhatikan iklan berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal no 1 dan 2!

Opini yang ada dalam teks iklan di atas adalah …..
a. Selamat dan sukses
b. Wakil gubernur Jawa Timur
c. Atas keberhasilannya meraih gelar doktor
d. Pertunjukan wayang kulit purwa masa kini
6. Pernyataan berikut merupakan fakta yang berhubungan dengan iklan di atas:
a. Selamat dan sukses
b. H. Soenarjo memperoleh gelar doktor
c. H. Soenarjo orang yang beruntung karena lulus dalam ujian terbuka.
d. H. Slamet Riyadi orang yang menghormati H. Soenarjo.
7. kalimat iklan berikut yang mengandung opini adalah ….
a. Dijual mobil bekas. Buatan 1990. harga Rp 30 juta.
b. Dilarang merokok di ruangan ini.
c. Hutan merupakan paru-paru dunia.
d. Dibutuhkan segera tenaga marketing.
8. Dalam indek buku tertulis “Agusta, Leon, 307” maksud dari indek buku tersebut adalah….
a. informasi tentang Agusta Leon yang berada dalam halaman 307.
b. informasi tentang topik yang disampaikan Agusta Leon berada di halaman 307
c. informasi tentang subtopik yang disampaikan Leon Agusta di halaman 307
d. informasi tentang Leon Agusta yang berada di halaman 307
9. Langkah yang tepat secara berutan dalam mencari arti kata “menulis”dalam kamus adalah dengan cara menemukan entri…..
a. M , men , tulis
b. Men , tulis , menulis
c. T , tu, tul, tulis, menulis
d. T, menulis
10. Danau Toba senja hari. Air danau terlihat biru dan tenang, tanpa ombak. Di atas air danau beberapa elang terbang rendah, bersiap memangsa ikan mujair yang lengah. Di tengah danau, beberapa nelayan tengah menurunkan jala penangkap ikan ke dalam danau untuk di ambil esok harinya. Sementara di tepian danau, para wanita dan anak-anak terlihat sedang mencuci dan mandi. Beberapa bersiap pulang, dengan ember berisi air di kepala.
Topik paragraf tersebut adalah ….
a. Air danau disenja hari.
b. Keindahan danau toba.
c. Kegunaan air danau Toba.
d. Keadaan danau Toba pada senja hari
11. Paragraf tersebut (nomor 10) dapat dirangkai dalam alur cerita pada tahap….
a. Pertikaian atau konflik.
b. Munculnya masalah.
c. Peleraian atau konflik menurun.
d. Pengenalan
12. Seting penggalan cerita pada paragraf di atas (nomor 10) adalah ….
a. Senja hari
b. Danau Toba
c. Danau Toba Senja hari.
d. Danau Toba esok hari
13. Pagi itu aku sedang berjalan menghirup udara segar tanpa sengaja aku melihat seorang anak kecil sedang mengorek- ngorek tong sampah. Kudengar anak itu berkata dengan lemah . ” ibu… ayah…. mengapa engkau tidak membawa Igun bersamamu. Igun rindu ibu, ayah… aku lapar…. aku haus ibu…., kemana Igun harus meminta? Kemana Igun harus mencari makanan ibu…. ayah.” Rupanya anak itu bernama Igun.
Point of view cerita tersebut adalah ….
a. Orang pertama pelaku sampingan
b. Orang pertama pelaku utama
c. Orang ketiga dalam cerita
d. Orang ketiga di luar cerita
14. Suasana penggalan cerita tersebut adalah ….
a. Suka cita
b. Duka cita
c. Sedih
d. Haru
15. Hery sangat dibuat kebingungan oleh sikap sehabatnya yang ia sayangi. Apapun yang ia perbuat selalu salah. Bila pulang sekolah tak diantar Absari merajuk. Namun bila diantar selalu ribut. Bila Absari akan dijauhi, Hery akan kehilangan sahabatnya itu yang merupakan cinta pertamanya. Namun bila tidak ditinggalkan ia akan makan hati terus oleh kelakuan Absari. Ia pun tak dapat memilih, hanya air matanya yang berlinang menetes dan membanjiri pipinya.
Konflik pada penggalan cerpen tersebut adalah ….
a. Konflik fisik
b. Konflik sosial
c. Konflik ide
d. Konflik batin

Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Persiapan Ujian Terbaru selanjutnya

16. Pada Senin pagi Riky menegus Ghozali, ” Zal, kenapa kau gak pernah mau piket?”
”Emangnya kenapa?” jawab Ghozali. ” Bantulah kawan yang piket.” sambung Ricy. ” ”Eh, itu bukan urusan mu. Jangan kau mentang-mentang ketua kelas main perintah aja!” ”Saya hanya mengingatkan, sebab kawan-kawan protesnya denganku, zal.” ” Emangnya gua pikirin, mau marah, mau berontak silakan aja jika berani.dan kau kuperingatkan…. jangan coba-coba menyuruhku lagi….! mengerti…!” Ghozali berlalu dari hadapan Riky yang hanya geleng-geleng kepala.
Sifat Ghozali pada penggalan cerpen di atas adalah ….
a. peramah
b. pemurah
c. sombong
d. rendah hati
17. Selama ini Agus tak pernah mengaji. Sebenarnya ia ingin sekali seperti teman-temannya mengaji dan belajar sholat. Namun ia tak melakukan karena orang tuanya bebeda kepercayaan. Kendati kedua orang tuanya memberi kebebasan kepada Agus untuk memilih agama yang diyakini, tetapi ia tetap mengikuti kepercayaan orang tuannya karena takut dikatakan anak yang tidak berbakti terhadap orang tua.
Amanat pengarang yang ingin disampaikan pada penggalan cerita di atas adalah ….
a. Agar selalu patuh terhadap kedua orang tua.
b. Kita tidak boleh durhaka kepada orang tua.
c. Orang tua tidak boleh memaksakan masalah keagamaan terhadap anak- anaknya.
d. Memilih agama atau kepercayaan haruslah sesuai dengan hati nurani tanpa paksaan.
18. Ndari mendapat telepon dari Novita bahwa Randy kecelakaan dan sedang dirawat di ruanga gawat darurat. Saat itu juga Ndari duduk terhenyak, diam. Pikirannya melayang pada peristiwa-peristiwa yang silam. Randy telah membuatnya marah. Ndari merasa dikhianati karena Randy telah menggaet gadis lain. Akankah ia melupakan hal itu dan ia datang menjenguk ke Rumah Sakit? Bila ia datang berarti ia telah memaafkan Randy… ”tidak, tidak semudah itu aku memaafkannya.” Tapi Pahmi sekarang memerlukanku, ia perlu dorongan moril, aku harus…aku harus menjenguknya.”
Konflik pada penggalan cerpen di atas terjadi pada ….
a. Ketika Ndarimendapat kabar bahwa Randi kecelakaan.
b. Ketika Randy menyakiti hati Nila.
c. Ketika Randykecelakaan.
d. Ketika Ndari menjenguk ke rumah sakit.
19. Saat mentari sedang berada di atas ubun-ubun, nampaklah seorang gadis berpakain ringkas memasuki jalan desa Retna Kenanga. Gadis itu menuggang kuda hitam yang berlari dengan kencang sehingga debu mengepul di belakangnya. Wakah gadis itu bulat telur berkulit putih, hidung mancung, bibir merah delima, matanya berbinar-binar. Di punggungnya tersembul ganggang golok berukir kepala naga.
Latar waktu pada penggalan cerpen itu adalah ….
a. Pagi hari
b. Siang hari
c. Sore hari
d. Senja hari

20. Cermati penggalan cerpen berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 16,17,18!
Sebagai penjaga surau, kakek tidak mendapat apa-apa. Ia hidup dari sedekah yang dipungutnya sekali se-Jumat. Sekali enam bulan ia mendapat seperempat dari hasil pemunggahan ikan mas dari kolam itu. Dan sekali setahun orang-orang mengantarkan fitrah Id kepadanya. Tapi, sebagai garin ia takbegitu dikenal. Ia lebih dikenal sebagai pengasah pisau. Karena ia begitu mahir dengan pekerjaannya itu. Orang-orang suka minta tolong kepadanya, sedang ia tak pernah meminta imbalan apa-apa. Orang-orang perempuan yang minta tolong mengasahkan pisau atau gunting, memberinya sambal sebagai imbalan. Orang laki-laki yang minta tolong, memberinya imbalan rokok, kadang-kadang uang. Tapi, yang paling sering diterimanya ialah ucapan terima kasih dan sedikit senyum.
Dari penggalan cerita tersebut ada nilai-nilai budaya atau kebiasaan….
a. Minta pertolongan kepada orang yang ahli.
b. Menolong orang yang mau memberi imbalan.
c. Materialistik
d. Barter.
21. Nilai-nilai sosial yang terdapat dalam penggalan cerpen di atas adalah …
a. Meminta pertolongan kepada orang yang ahli.
b. Tolong menolong tanpa pamrih
c. Barter
d. Membayar fitrah.
22. Berikut yang termasuk nilai-nilai relegius dalam kehidupan siswa….
a. Tidak mau menyontek sewaktu ujian karena takut dosa.
b. Mengunjungi teman yang sakit.
c. Memberikan contekan kepada teman sewaktu ujian.
d. Selalu patuh kepada guru agar disayangi.
23.

Perbandingan nilai kehidupan dalam cerpen dengan dalam kehidupan siswa yang tepat adalah….
Nilai kehidupan dalam cerpen Nilai kehidupan siswa
a Menolong tanpa pamrih Menolong dengan pamprih
b Menolong dalam keburukan Menolong dalam kebaikan
c Tolong-menolong dengan tulus menolong mengharapkan ridla Allah
d Ucapan terima kasih lebih utama daripada imbalan Tidak meminta imbalan.

24. Akhirnya Juwita mau meminta maaf kepada Setiawan atas kesalahpahaman diantara mereka. “Maaf…aku tak perlu permintaan maafmu! Yang kuinginkan adalah perubahan sikapmu. Mengapa kau tega menuduhku menyontek. Juwita tahukan… kalau aku belum pernah menyontek. Apalagi berkhianat kepadamu!” setiawan menimpali.
“Curiga kan boleh, Setiawan…! selama ini kamu selalu menolongku, tapi ulangan kemarin kenapa engkau malah menolong Ermayanti. Bukankah itu membuatku curiga jangan-jangan kau berpaling dariku.”
“Masya Allah, Juwita… Ermayanti itu kebetulan penanya habis dan aku punya dua. Apakah aku tidak boleh menolongnya?”
“ ya, ya… aku salah. Maukan kau memaafkanku.”
Setiawan hanya diam tak menjawab.
Nilai positif dalam cerpen yang dapat diteladani oleh siswa adalah ….
a. Minta maaf kepada orang yang disayangi.
b. Tidak perlu memberi maaf kepada orang yang telah memfitnah kita.
c. Menolong teman sewaktu ujian.
d. Berani mengakui kesalannya.
25. Dalam rapat itu memutuskan setiap siswa dikenakan iuran Rp 1000 per kepala.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi logis adalah ….
a. Dalam rapat itu diputuskan setiap siswa dikenakan iuran Rp 1000 per kepala.
b. Dalam rapat itu memutuskan setiap siswa dikenakan iuran Rp 1000 per orang.
c. Rapat itu memutuskan setiap siswa dikenakan iuran Rp 1000 per orang.
d. Diputuskan iuran Rp 1000 rupiah per kepala dalam rapat itu.
25. Berikut paragraf yang tidak padu….
a. Bahasa memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan ini. Bahasa dapat digunakan untuk berkomunikasi antarmanusia. Bahasa juga dapat dijadikan alat menggali ilmu. Disamping itu bahasa juga merupakan alat penyampai perasaan, ide, atau gagasan. Pemakai bahasa yang kurang berhati- hati dalam menggunakan bahasa akan menimbulkan bahaya. Misalnya terjadinya diskomunikasi.
b. Ruangan itu bersih dan luas. Lantainya kelihatan mengkilat pertanda setiap hari dibersihkan. Dinding ruangan terbebas dari sarang laba-laba dan debu. Ruangan itu berukuran 10 x 12 meter.
c. Membaca buku ilmu pengetahuan maupun pelajaran merupakan sarana untuk meningkatkan prestasi. Dengan membaca kita akan memperoleh informasi yang baru. Disamping itu, kita akan dapat merekam ulang informasi yang telah diterima sebelumnya. Sehingga pengetahuan kita semakin bertambah.
d. Harga beras di Jambi lebih murah daripada di Rimbo Bujang. Harga di Jambi Rp 45.000 per 10 kg. Harga di Rimbo Bujang mencapai Rp 50.000 per 10 kg.
26. Upaya-Upaya yang dilakukan Oleh Guru Dalam Meningkatkan IMTAQ siswa SMP Negeri 3 Kabupaten tebo.
Perbaikan penulisan Judul Karya Ilmiah di atas adalah ….
a. Upaya-Upaya yang Dilakukan Oleh Guru dalam Meningkatkan Iman dan Taqwa Siswa SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo.
b. Upaya-Upaya yang Dilakukan oleh Guru dalam Meningkatkan Iman dan Taqwa Siswa SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo
c. Upaya- Upaya yang Dilakukan oleh Guru dalam Meningkatkan Iman dan Taqwa Siswa SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo.
d. Upaya-Upaya Yang Dilakukan Oleh Guru Dalam Meningkatkan Iman Dan Taqwa Siswa SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo
27. 1) menyusun pokok-pokok peristiwa 2) menentukan gaya penceritaan, 3) mencatat pokok-pokok peristiwa dalam cerpen 4) mengembangkan pokok-pokok cerita menjadi cerita.
Urutan yang tepat dalam menulis kembali cerpen berdasarkan cerpen yang pernah dibaca adalah ….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 4, 1
c. 3, 1, 2, 4
d. 3, 2, 1, 4
28. Cermati penggalan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 44 dan 45!
Aku sudah tiga bulan tidak akur lagi dengan kekasihku. Entah apa yang menyebabkan, aku sendiri tidak tahu. David, temanku, selalu mengejekku dengan kata-kata,” Gun, Gun… kamu ini kayak ayam potong. Dunia ini luas.” Aku tak menanggapinya. Kalau ku pikir ada benarnya kata-kata David itu. Namun, aku belum bisa melupakan si dia yang meninggalkanku tanpa alasan.
Ada seorang gadis yang mencoba mendekatiku, menghiburku agar aku mau membuka hatiku untuk gadis yang lain. Perlahan-lahan hatiku mulai terbuka dan mau melihat kenyataan. Kalau aku terus larut dalam duka maka sekolahku akan terbengkalai. ….

Penggalan cerpen tersebut bila ditulis kembali dengan gaya bercerita orang ketiga akan menjadi ….
a. Aku sudah lama putus dengan kekasihku. Aku bingung apa sih yang jadi sebabnya. David temanku selalu mengejekku kalau aku laki-laki yang lemah. Aku mulai terbuka hatiku setelah ada gadis sekelasku yang mau menghiburku.
b. Cintaku kandas ditengah jalan, entah apa sebabnya aku sendiri kurang tahu. Kekasihku pergi dengan laki-laki lain. Hatiku hancur berkeping-keping tida tentu. Aku sering murung sehingga temanku David menghiburku dengan kata-kata yang pedas. “gun, kamu ini jangan seperti ayam lehor. Emangnya wanita hanya dia saja. Aku mulai terbuka mataku untuk melihat kenyataan. Aku tak mau gagal sekolah hanya karena wanita. Toh teman-teman wanita sekelasku juga perhatian padaku.
c. Temanku yang bernama Gunawan kelihatan murung. Kutahu ia sedang berselisih dengan kekasihnya. Aku sudah berusaha menghiburnya namun ia cuek aja sehingga keluar kata-kataku yang agak pedas. Aku berusaha mencarikan teman wanita yang baru untuk menghiburnya. Akhirnya ia bersemangat kembali seperti dulu.
d. Gun nama panggilannya. Ia sedang kelihatan bermuram durja. Ia ditinggalkan kekasihnya beberpa waktu yang lalu. Setiap hari wajah tampannya dihiasi oleh rona kesediahan. “Sudahlah, Gun! Tak usah kau pikirkan lagi kekasihmu itu. Kalau emang dia cinta kepadamu pasti takkan meninggalkanmu. Kamu ini seperti ayam potong saja. Tengeklah keluar, dunia ini luas.” David menghiburnya. Namun Gunawan tak menyahutinya. Namun diam-diam berpikir bahwa kata-kata David itu ada benarnya. Selang berapa waktu seorang gadis sekelas dengan Gun berusaha menghibur dan membuka hatinya. Usaha itu pun tak bertepuk sebelah tangan. Sedikit demi sedikit wajah Gunawan yang diliputi mendung kelihatan cerah. Dan senyumpun menhiasi wajahnya. …..
29. Pokok-pokok peristiwa dalam cerpen tersebut adalah ….
a. Gunawan putus cinta, david berusaha membangkitkan semangat. Gunawan tersenyum lagi.
b. Gunawan putus cinta, david berusaha membangkitkan semangat, Gadis berhasil membangkitkan semangat Gunawan.
c. Gunawan bersedih, David mengejek, Gunawan jatuh cinta lagi.
d. Gunawan putus cinta, David mengejek, Gunawan jatuh cinta lagi.

30. Berikut merupakan peristiwa nyata yang mengandung konflik dan cocok untuk dibuat cerpen remaja…
a. Bertamasya dengan teman-teman kelas V ke Dam Smagi.
b. Dihukum oleh guru kelasku.
c. Aku disuruh berhenti sekolah ketika kelas IX
d. Aku menjadi juara pertama ketika lulus SD

Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Persiapan Ujian Terbaru berikutnya

31. 1. Menulis judul cerita, 2. Mendata pengalaman yang pernah dialami, 3. Memerinci peristiwa yang mengandung konflik. 4. Memilih pengalaman yang paling berkesan. 5.Menyusun peristiwa-peristiwa yang sudah dirinci menjadi jalan cerita. 6. Mengembangkan jalan cerita menjadi cerpen.
Urutan yang tepat menulis cerpen berdasarkan peristiwa nyata yang pernah dialami adalah ….
a. 2, 4, 3, 5, 6, 1
b. 2, 4, 5, 6, 3, 1
c. 1, 2, 4, 3, 5, 6
d. 1, 2, 3, 4, 5, 6
32. Putri sedang melamun dan larut dalam memikirkan Andi yang mengkhianatinya.
Suasana yang harus dibangun untuk melukiskan pokok peristiwa di atas adalah…
a. Dalam gegap gempita dan riuh rendahnya tawa penonton, putri sedang duduk di kafe sembari minum jus jeruk. Pikirannya melayang kepada Andi, kekasihnya, yang tega menghinatinya dengan bepergian dengan gadis lain. Senyum selalu menghiasi sudut bibirnya. ….
b. Sinar mentari pagi mulai menampakkan wajahnya seraya tersenyum kepada penghuni jagat raya. Putri sambil bernyanyi-nyanyi kecil melangkah mengeliligi taman bunga di sekitar rumahnya. Pikiran putri saat itu sedang melayang kepada Andi yang tengah berduaan dengan kekasih lamanya atau dengan yang baru lagi.
c. Keringat sebesar biji-biji jagung menghiasi wajah cantik Putri. Ia sedang berusaha keras untuk menyelesaikan PR Matematika. Putri melihat kanan kiri, teman-temannya juga tak jauh berbeda keadaanya. Ada yang garuk-garuk kepala. Ada yang kedua alisnya bertemu dan berkerut dahi. Saat itu ia melamun pada kejadian beberapa waktu silam. Andi kekasihnya berani berduaan dengan gadis lain di depan matannya. Namun kedua tangannya tetap bergerak mengerjakan PR MTK.
d. Malam semakin larut, serangga malampun mengerik, namun mata Putri tak bisa terpejam. Matanya yang kocak digenangi air mata. Sekali-kali ia memandangi foto Andi yang terpajang di dinding kamarnya. Ia tak habis pikir mengapa Andi begitu tega menghiantinya. Andi asyik dengan gadis lain di depan matanya. Marah bercampur sedih bergumul dihatinya.

33. Rut Meriana akan menyontek ketika ujian.
Pelukisan konflik batin yang tepat berdasarkan peristiwa tersebut adalah ….
a. Rut Meriana kebingungan untuk menjawab soal nomor 5 s.d. 10. Ia tidak mempelajari materi itu. Sekali-kali ia menoleh dan meminta temannya untuk membantu. Namun Bima mencemoohnya bukan membantunya. Rut meriana marah dan melemparkan pandangan ancaman.
b. Rut Meriana gelisah. Untuk mencari jawaban. Dengan hati-hati ia mengambil buku catatan dan menarik dari laci. Tangan kirinya membuka halaman demi halaman dan akhirnya ia menemukan apa yang dicari.
c. Rut Meriana kelihatan gelisah karena tidak dapat menjawab soal. Ia berusaha menarik buku catatannya namun, batinya berkata lain. untuk apa aku menyontek, mencari nilai tinggi? Tidak, itu perbuatan dosa. Namun kalau aku tidak melihat buku aku pasti gagal. Ia pun mulai menarik bukunya lagi toh gurunya tidak melihat, tapi tidak jadi, guru memang tidak melihat, namun Tuhankan melihat.
d. Rut Meriana dengan tenangnya membuka buku untuk mencari jawaban soal yang dikerjakan. Mata gurunya telah melirik kearahnya naun ia seolah-olah tidak tahu. Lembar demi lembar dibukanya dan akhirnya menemukan jawabannya.
34. Berikut ini adalah cara melukiskan karakter tokoh dalam cerpen dengan cara melalui dialog-dialog sang tokoh. ….
a. Jamal adalah adalah seoarang pelajar kelas IX SMP. Ia adalah seorang remaja yang berkemauan keras dan bergaya seniman. Sayang ia keas kepala. Nasehat gurunya tak pernah diindahkan. Apa yang ia mau itulah yang ia kerjakan.
b. “Lepas antingmu, Jamal! Apa kamu ingin jadi wanita? Telinga ditindik itu dosa!” tegur Pak Ahmad kepada Jamal. “ Ya enggaklah, Pak.” Jamalpun melepaskan antingnya. Keesokan harinya pak Ahmad melihat Jamal memakai tindik telinga lagi. Tanpa basa-basi Pak Ahmad melepaskan tindik yang dipakai Jamal. “ Besuk Bapak tidak ingin melihatmu memakai tindik lagi.” Kata pak Ahmad. “ Ya, Pak.” Namun dihatinya berkata ,besuk kupakai lagi. Ada Bapak kulepas, Bapak pergi kupakai lagi.
c. Bima berkata dengan Ian Wibisono,” jamal itu bandel kali sih, masak sudah diperingati 2 kali masih aja memakai tindik telinga.” “ sst… jangan campuri urusan orang lain. biarlah aja dia bandel toh tidak menggangu kita.” Jawab Ian.
d. Jamal ketika diperingati dan disuruh melepas kembali antingnya. Ia melepas dengan tenang tanpa perlawanan. Namun kesokan harinya ia memakai lagi dengan tenang seoalh-olah tak dilarang. Begitu terus asal tertangkap ia melepaskan dengan cuek, namun esok harinya dipakai lagi.

35. Dijual rumah sangat sederhana. Letak setrategis. Hrg. Terjangkau. Hub. O85266951778.
Iklan baris tersebut akan lebih singkat apa bila diubah seperti berikut….
a. Dijual RSS letak strategis. Hrg. Terjangkau hubungi 08526691778
b. Dijual RSS, strategis. Hrg. Terjangkau. Hubungi. 08526691778
c. Dijual RSS, strategis. Hrg. Terjangkau. Hub. 085291778
d. Djl. RSS, Stg. Hrg. Tjk. Hub. 08526691778
36. Osis SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo akan mengadakan pentas seni yang diikuti oleh setiap kelas. Acara tersebut akan dilaksanakan pada 21 desember 2007 di aula SMPN 3 Tebo.
Berikut ini merupakan iklan yang harus ditulis oleh pengurus OSIS untuk mengajak para siswa untuk ikut pentas seni tersebut.
a. Setiap kelas harap mengirimkan wakilnya untuk mengikuti pentas seni. Jangan lupa…!
b. Jangan Anda lewatkan pentas seni 21 Desember 2007 di aula SMPN 3 Kabupaten Tebo. Kirimkan wakil-wakilmu dalam ajang bergengsi ini.
c. Hai kaum muda… kabar gembira OSIS SMP N 3 akan mengadakan pentas seni pada tanggal 21 Desember 2007 di aula SMP N 3 Tebo.
d. Ingin menyaksikan pentas seni bergengsi? Hadirilah pentas seni 21 Desember 2007 di aula SMP Negeri 3 Tebo.
37. Perhatikan kalimat iklan berikut untuk mengerjakan soal 23 dan 24!
Dijual mobil yang tidak baru lagi namun masih baik mesinnya. Mobil tersebut dibuat pada tahun 2000. Harga bisa diatur. Cat mobil berwarna merah tua.
Iklan tersebut supaya jelas perlu ditambahkan….
a. Merek dan jenis mobil serta keadaannya.
b. Keadaan mobil, merek dan type.
c. Merek dan jnis mobil serta alamat, penjual.
d. Penjual, alamat, tahun pembelian.
38. mobil yang tidak baru lagi kata-kata tersebut dapat dipadatkan menjadi ….
a. Mobil setengah pakai
b. Mobil tangan kedua
c. Mobil bekas pakai
d. Mobil bekas
39. Berikut ini yang merupakan iklan untuk menawarkan barang adalah ….
a. Hemaviton Jreng memulihkan stamina. Cocok buat olahragrawan pria dan wanita.
b. Anda ingin menikmati perjalanan Anda. Garuda solusinya.
c. Salon Ayu ratunya salon.
d. Anda ingin hilangkan lelah, letih dan tingkatkan stamina pak Parmin ahlinya. Dengan terapi rutin Anda memperoleh yang keampuhannya.
40. 1) memilih kata-kata yang padat, sugestif. 2) menentukan objek yang akan diiklankan, 3) menentukan media penyampaian. 4) menulis iklan.
Pernyataan di atas merupakan langkah-langkah menulis iklan bila disusun sebagai berikut….
a. 1), 2), 3), 4)
b. 2), 1), 3), 4)
c. 3), 1), 2), 4)
d. 2), 3), 1), 4)
41. Dibutuhkan tenaga marketing. …lancar berbahasa inggris. Sampaikan …. Anda ke PT Kolang Kaling PO Box 77709 Jakarta Pusat.
Kata-kata yang tepat untuk melengkapi iklan yang rumpang tersebut adalah ….
a. Harus, bahan
b. Syarat, lamaran.
c. Lamaran, syarat.
d. Syarat, bahan.
42. Pak Anwar akan menawarkan jasa pangkas rambut. Kios tempat pangkat rambut ber alamat di jalan pahlawan Wirotho Agung kecamatan Rimbo Bujang. Kios itu diberi nama RAPIKA. Pak Anwar ahli memangkas dalam berbagai model, baik muda maupun tua. Ia akan memasang iklan baris di koran.
Iklan baris yang tepat sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….
a. RAPIKA melayani berbagai model pangkas rambut. Hub. Jalan pahlawan Wirotho Agung.
b. RAPIKA trennya pangkas rambut. Mau rapi rambutmu, datanglah ke Jalan Pahlawan Rimbo Bujang.
c. Ingin rambutmu rapi dan model. Kunj. RAPIKA pangkas. Jln. Pahlawan W.Agung. R.Bujang.
d. Bila kamu ingin rambutmu rapi dan mengikuti model, Rapika Pangkas solusinya.
42. Cermati iklan berikut untuk menjawab soal nomor 29 dan 30!

Iklan A Iklan B

Perbandingan kedua iklan tersebut yang tepat adalah….
a. Iklan A menjual motor Supra X sedangkan iklan B semua jenis motor.
b. Iklan A langsung ke intinya sedangkan iklan B ada kepala iklan, isi, dan penutup.
c. Iklan A bahasanya singkat, iklan B bahasanya kurang menarik.
d. Iklan A kata-katanya banyak yang disingkat, iklan B tidak ada yang disingkat.
44. Dari segi tujuannya kedua iklan tersebut tergolong….
a. Iklan penawaran barang, iklan penawaran jasa
b. Iklan penawaran jasa, iklan penawaran barang.
c. Iklan penawaran barang, iklan pemberitahuan.
d. Keduanya merepakan iklan penawaran barang.
45. Berikut ini yang merupakan timbangan buku (resensi) bagian yang menggambarkan isi buku adalah ….
a. Buku yang dikarang oleh Anton Mulyono ini memiliki keunggulan yang lain dibandingkan dengan buku-buku serupa yang dikarang oleh orang-orang sebelumnya. Salah satunya adalah penyajian yang berpola induktif sehingga pembaca diberikan fakta-fakta dan dituntun untuk mengambil kesimpulan.
b. Buku Anton Mulyono ini pada intinya membahas dan menganalisis kesalahan berbahasa yang sering dilakukan oleh para orator dan penulisan pada koran atau majalah.
c. Buku Anton Mulyono ini memiliki tebal ix + 205 halaman. Jenis kertas yang dipakai HVS 70 gram. Diterbitkan oleh Ganesa Expres.
d. Buku Anton Mulyono ini diharapkan dapat dijadikan petunjuk kepada pemakai Bahasa indonesia khususnya orator dan kaum jurnalis.

46. Mengenal Buku Paket Siswa SMP
Judul buku : Bahasa dan Sastra indonesia.
Penulis : Dr. Nurhadi, Dr. Dawud
Tebal buku : ix + 253 halaman
……………………. : Erlangga
…………………… : ………………….
Pernyataan yang benar untuk melengkapi resensi yang rumpang tersebut adalah ….
a. Penerbit, tahun terbit, 2004.
b. Penerbit, 2004, tahun terbit.
c. Penerbit, kota terbit, 2004
d. Kota terbit, tahun terbit, 2004.
47. Pagelaran musikalisasi puisi dapat memberikan sumbangan dalam pertumbuhan kepribadian seseorang pesan-pesan pengarang dalam teks dapat menambah wawasan tentang kehidupan
Kesalahan ejaan paragraf di atas adalah penulisan….
a. Huruf p pada pesan, dan pada kata teks
b. Huruf k pada kata kepribadian
c. Huruf w pada wawasan.
d. Huruf p pada kata pesan-pesan.
48. Perbaikan penulisan ejaan dan tanda baca paragraf di atas adalah…
a. Pagelaran musikalisasi puisi dapat memberikan sumbangan dalam pertumbuhan. Kepribadian seseorang, pesan-pesan pengarang dalam tex dapat menambah Wawasan tentang kehidupan
b. Pagelaran musikalisasi puisi dapat memberikan sumbangan dalam pertumbuhan kepribadian seseorang. Pesan-pesan pengarang dalam teks, dapat menambah wawasan tentang kehidupan
c. Pagelaran musikalisasi puisi dapat memberikan sumbangan dalam pertumbuhan kepribadian seseorang. Pesan-pesan pengarang dalam teks dapat menambah wawasan tentang kehidupan.
d. Pagelaran musikalisasi puisi dapat memberikan sumbangan dalam pertumbuhan kepribadian seseorang. Pesan- pesan pengarang dalam teks dapat menambah wawasan tentang kehidupan

49. Ibu berkata: “ kamu tidak boleh berbicara kasar dengan teman, Maysha!”
Penulisan tanda baca yang salah pada kalimat di atas adalah…
a. Titik dua
b. Tanda kutip dua
c. Tanda koma
d. Tanda seru
50. Kepada
Yth. Bapak Kepala Dinas Pendidikan
Nasional Kabupaten Tebo
Jalan Tebo – Bungo KM 12
Penggunaan kata yang tidak tepat pada alamat surat di atas adalah …
a. Kepada,
b. Bapak
c. Kepada, Bapak
d. Bapak, Tebo-Bungo

Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Persiapan Ujian Terbaru telah kami sampaikan, semoga bermanfaat